Akun Shopee Diretas, SPayLater Disalahgunakan dan Tidak Ada Kejelasan Penyelesaian Masalah

Akun Shopee Diretas, SPayLater Disalahgunakan dan Tidak Ada Kejelasan Penyelesaian Masalah

Halo, saya pemilik akun Shopee: dylnhay. Tanggal 10 Desember 2020 akun saya diretas. Berawal dari saya menerima telepon via Whatsapp yang mengatasnamakan pihak Shopee. Awalnya saya ragu, tapi orang tersebut sangat meyakinkan saya, dengan mengetahui nama akun saya dan nomor telepon saya. Dia bilang bahwa saya mendapat undian voucher 12.12 sebesar Rp3 juta. dengan mengarahkan saya untuk mengisi saldo ShopeePay.

Saya ragu dan saya bersikeras tidak mau mengisinya. Entah kenapa, orang tersebut selanjutnya mengarahkan saya untuk mengaktifkan SPayLater. Dari awal memang saya belum tahu betul fungsi dan kejelasan SPayLater pada saat itu. Kemudian saya mengikuti saja arahan orang tersebut. Memang salah saya memberi kode OTP karena waktu itu benar-benar saya tidak fokus dan mungkin sudah menjadi musibah untuk saya.

Setelah itu saya diminta untuk log out, tapi saya tidak mau log out karena saya sudah mulai curiga. Kemudian muncul notifikasi di layar hp saya beberapa transaksi. Langsung saya cek akun saya, tapi akun saya log out sendiri. Kemudian saya juga mendapat email bahwa email di akun Shopee saya telah diganti dengan email si pelaku.

Langsung seketika saya menghubungi pihak Shopee dan menjelaskan kronologinya dan mengirimkan beberapa bukti akun saya diretas. Saat itu langsung direspon oleh Shopee dengan akun saya dibekukan. Sedihnya, sudah ada 3 transaksi dengan nominal sekitar Rp1,5 juta :(.

Waktu itu saya bertanya, apa semua pesanan itu tidak bisa dibatalkan? Kemudian dari pihak Shopee bilang kemungkinan bisa karena semua pesanan ditunjukan ke alamat. Saat itu saya agak lega. Kemudian tanggal 11-nya, ternyata akun saya sudah dipulihkan tanpa ada pemberitahuan.

Saya terus menghubungi CS Shopee untuk bisa login, karena semua nomor telepon dan password sudah diganti oleh pelaku. CS Shopee mengarahkan untuk pengajuan ganti nomor. Ya sudah saya ikuti saja saran dari mereka, tapi 3 kali pengajuan nomor selalu ditolak, karena alasan ada kejanggalan di akun saya.

Baca:  Deathloop, Game Baru dari Dev. Tidak Dihormati, Ditunda hingga 2021

Selang beberapa hari, tiba-tiba ada paketan ke alamat saya yang isinya paket kosong, yang ternyata dikirimkan pelaku ke alamat saya. Setiap hari saya selau menghubungi CS lewat telepon dan chat dengan jawaban yang sama: “Masalah saya akan ditindaklanjuti”.

Saya tunggu-tunggu sampai tanggal 18, iseng saya ngecek akun saya lewat akun milik teman saya dan ternyata akun saya aktif beberapa menit yang lalu. Saya bingung kenapa akun saya aktif sedangkan saya belum bisa log in? Saya kira setelah akun saya dibekukan akun saya akan aman, tapi ternyata salah. Jumlah transaksi saya bertambah 2 dengan nominal pemakaian SPayLater sekitar total semuanya Rp2 juta. Gimana gak kaget? Masya Allah :(.

Saya terus menghubungi CS Shopee dan terus menjelaskan kronologinya, dengan jawaban sama: “Masalah saya akan ditindaklanjuti”. Yang terakhir saya sudah mengirimkan email untuk keringanan SPayLater pada tanggal 29 Desember dan pihak Shopee menjawab akan menghubungi saya dengan waktu maksimal 3 hari kerja dari pelaporan email yang terakhir. Namun sampai sekarang saya sama sekali tidak dihubungi pihak Shopee.

Bagaimana tentang kejelasan akun saya dan SPayLater? Saya menulis di sini karena saya sudah buntu dan bingung harus bagaimana. Saya sudah komplain sana sini sejak lama tetapi tidak pernah ditanggapi dengan baik penyelsaian masalah saya.

Tolong pihak Shopee apabila membaca tulisan ini, saya hanya butuh untuk login ke akun saya meskipun bukan saya yang transaksi. Apabila saya harus kehilangan uang Rp2 juta Insya Allah saya ikhlas. Saya hanya butuh kejelasannya dan tindak lanjut dari shopee? Saya juga sudah mengirimkan beberapa bukti bahwa akun saya diretas. Terima kasih.

Hayuning Tyyasworo
Sragen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Artikel Akun Shopee Diretas, SPayLater Disalahgunakan dan Tidak Ada Kejelasan Penyelesaian Masalah ditulis oleh Hayuning dan dimuat pertama kali di Media Konsumen.