Belanja Online dengan Voucher Shopee? Harus Siap Jika Anda Tersakiti, Karena Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab

<pre><pre>Tanggapan JD.id atas Pembaca Surat Ferdinal Chandra

Saya membeli meja laptop di toko online Shopeegreenland (greenland.co.id), setengahnya sudah dibayar untuk digunakan voucher dan setengah menggunakan uang. Saat diterima, meja laptop tidak ada, penjual salah mengirimkan barang, harganya jauh lebih murah.

Beberapa barang dan dananya saya serahkan, ternyata yang ada hanya nominal option 40% dari fee yang sudah saya bayarkan. Alasan Shopee adalah voucher tidak bisa-pengembalian dana (alias hangus). Bayangkan saja, saya sudah membayar penuh, voucher didapat juga dengan uang, dengan kesalahan pengiriman oleh penjual, uang saya hilang, sisa 40% jika di-pengembalian dana.

Setelah pertama kali menghubungi CS Shopee, akhirnya saya mendapat email yang mengatakan bahwa tim Shopee sedang menunggu respon penjual setelah mengajukan komplain.

Awalnya penjual menolak mengembalikan dengan alasan barang masih dalam kondisi baik pada saat dikirim. Aneh, bukan? Keluhan pengiriman SALAH, ditolak oleh penjual dengan alasan barang dalam keadaan baik pada saat pengiriman.

Setelah didesak dengan beberapa bukti foto, penjual akhirnya mengakui kesalahannya. Penjual (greenland.co.id) pada hari Sabtu menelepon saya dan berjanji pada hari Senin bahwa dia akan menukar barang yang salah dengan meja laptop. Ternyata hanya bohong, tidak ada realisasinya.

Beberapa kali saya menghubungi CS Shopee, mereka hanya menyuruh saya mengembalikan barang yang salah ke penjual, dan hanya bisa menjanjikan pengembalian 40% dari harga yang dibayarkan. Biaya pengiriman kembali hanya bisa gratis jika melalui J&T Express.

Bayangkan saja, jarak J&T Express dari rumah saya jauh, butuh biaya, dan tidak ada jaminan bahwa setelah barang yang salah dikembalikan ke penjual, saya akan menerima meja laptop yang saya pesan. Sehingga pembeli akan kehilangan uang dan resiko kehilangan uang karena penjual salah mengirimkan barang.

Baca:  Perlakuan Tidak Sopan Petugas Keamanan Bank BNI

Saya menghubungi CS Shopee, salah satunya bernama Ti4nti sangat kasar, mematikan obrolan sebelum masalah terselesaikan, dan sesi tersebut tidak ada kuesioner penilaian obrolan dikirim seperti biasa. Beberapa kali saya menghubungi CS Shopee, seseorang berjanji akan menghubungi saya, tetapi juga janji palsu.

Saya menghimbau agar berhati-hati berbelanja online di Shopee, karena terkadang mereka tidak mau bertanggung jawab jika pembeli dirugikan oleh kesalahan penjual.

Steve R. P.
Jakarta Barat

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Belanja Online dengan Voucher Shopee? Harus siap jika mengalami kerugian, karena Shopee tidak mau bertanggung jawab yang ditulis oleh Stv dan dipublikasikan pertama kali di Consumer Media.