Bingung dalam Menyelesaikan Sengketa di Shopee

<pre><pre>Bingung dalam Menyelesaikan Sengketa di Shopee

Saya pembeli di Shopee. Saya bergabung dengan Shopee selama beberapa bulan. Saya telah melakukan banyak transaksi pembelian, dan semuanya lancar.

Pada 21 Januari 2021, saya membeli produk dalam bentuk headset dan kabel data senilai Rp. 264.480, dari toko raja_aksesoriss di Shopee yang beralamat di Jalan Dewi Sartika no 41, Depok, Jawa Barat. Semuanya mulus, bagus. Tapi saat saya melakukan pembelian kedua pada 12 Februari 2021, ternyata benar headset 40 pcs senilai Rp 398.569, dengan nomor pesanan: 210215134647371, ternyata semua barang rusak. Semua menolak, spul pengeras suara headset longgar, agar jika diguncang suara upluk-upluk.

Saya menggunakan sistem COD, uang sudah saya serahkan ke kurir. Jadi saya mengajukan pengembalian dengan nomor pengajuan: 210215134647371. Namun, penjual mengajukan banding. Saya berdebat dan saya juga menyertakan video pendukung. Akhirnya, penjual ingin mengembalikan, barang akan ditukar dengan barang yang bagus.

Saya juga disuruh kirim balik, dikasih alamat, dan disuruh batalkan pengajuan pengembalian. Saya juga setuju. Namun ketika saya ingin mengirimkannya, ekspedisi tersebut meminta nomor pengembalian dari penjual. Lah, si penjual tidak memberikan nomornya. Akhirnya pengiriman saya membatalkan.

Saya pun minta refund dengan nomor: 210215192642184. Akhirnya diskusi kembali berlangsung. Penjual berbalik tidak mau kembali dan sampai saat ini penjual belum merespon obrolan Saya juga belum menanggapi permintaan pengembalian.

Jujur saya bingung harus berbuat apa, karena ini pertama kalinya saya berselisih di Shopee. Mohon saran semua pembaca.

Terima kasih.

Isa Anshori
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Confused in Resolving Disputes on Shopee ditulis oleh Isa dan pertama kali diterbitkan di Consumer Media.

Baca:  Telkomsel Trik Pelanggannya?