Denda Layanan Kredit AEON Akibat Kesalahan Sistem Tetap Dibebankan kepada Pelanggan

<pre><pre>Denda Layanan Kredit AEON Akibat Kesalahan Sistem Tetap Dibebankan kepada Pelanggan

Ibu saya adalah pelanggan Layanan Kredit AEON dengan nomor: 1019856399. Pembayaran tagihan kami lakukan pada tanggal 2 Oktober 2020 melalui aplikasi Shopee. Namun hingga keesokan harinya, pembayaran kami masih diproses oleh Shopee. Pada 3 Oktober 2020 saya menghubungi Shopee agar pembayaran diproses. Saya juga mengirimkan email ke customercare@aeon.co.id agar kami tidak dikenakan denda (karena keterlambatan pembayaran dari sistem Shopee), namun tidak ada respon dari AEON.

Hari ini, 5 Oktober 2020, ibu saya menerima SMS yang menyatakan bahwa dia belum membayar dan akan didenda. Saya kemudian menelepon CS Shopee dan ditindaklanjuti dengan pengembalian dana. Jadi pembayaran saya untuk AEON tidak diproses oleh Shopee. Ketika saya hendak membayar tagihan, sejumlah kewajiban saya + denda muncul. Padahal delay saya terjadi karena kesalahan sistem dari Shopee.

Saya akhirnya menghubungi AEON, ditanggapi dengan pelayanan pelanggan atas nama Ibu Syifa. Dia sangat kasar dan sepertinya merendahkan saya dan ibu saya. Padahal, kami hanya ingin memperjelas bahwa denda yang diberikan tidak boleh ditanggung oleh kami, karena sebenarnya tagihan dibayarkan tepat waktu. Pembayaran terlambat karena gangguan sistem dengan pihak lain yaitu Shopee. Namun respon mbak syifa sangat tidak profesional, dia tidak mengecek email saya dulu. Nadanya tinggi dan sikapnya juga sepertinya berpikir kami ingin lari dari kewajiban kami.

Akhirnya hari ini, saya membayar sebagian kewajiban saya (yang seharusnya sudah dibayarkan sejak 2 Oktober 2020) dan denda yang sebenarnya bukan kesalahan saya.

Saya sangat kecewa dengan AEON yang tidak melihat fakta, hanya mengambil tindakan berdasarkan sistem. Padahal sistemnya bisa salah. Saya juga kecewa dengan sikapnya pelayanan pelanggan AEON yang memperlakukan konsumen dengan tidak hormat. Bukankah sikap yang kami ambil, dengan menghubungi AEON dan Shopee, harus dilihat sebagai itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini?

Baca:  Begini Cara Tagihan Kartu Kredit Bank Mega?

Selanjutnya saya juga melampirkan bukti transfer bank dan bukti transaksi dari Shopee.

Semoga kedepannya AEON sebagai lembaga keuangan besar dapat semakin meningkatkan kualitas sistem dan sumber daya manusianya.

Aisha Vidya
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel tentang Penalti Layanan Kredit AEON Karena Kesalahan Sistem Tetap yang Dibebankan kepada Pelanggan ditulis oleh Aisha dan dipublikasikan untuk pertama kali di Consumer Media.