Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Siapa?

Bukti pelatihan selesai

Saya adalah peserta kartu PraKerja lolos seleksi gelombang I. Saya mengambil paket pelatihan ojek online seharga 1 juta rupiah di Tokopedia tanggal 28 April 2020 dan langsung mengikuti pelatihan esok harinya tanggal 29 April 2020. Semua pelatihan sudah saya ikuti termasuk test dan memberi review serta rating. Sertifikat pun sudah saya dapatkan. Namun hingga hari ini tanggal 15 Agustus 2020 ( 14 minggu), sertifikat di dashboard PraKerja belum muncul juga.

Bukti pelatihan selesai

Berbagai usaha sudah saya tempuh, mulai dari menghubungi Skill Academy sebagai penyelenggara pelatihan, Tokopedia sebagai penjual paket pelatihan, dan PraKerja lewat email maupun telepon berkali kali tidak terhitung jumlahnya.

Di DM twitter Skill Academy, admin menyarankan supaya saya menunggu selama minimal 7×24 jam serta memantau dashboard PraKerja secara berkala. Setelah saya menunggu seminggu lebih tanpa ada perkembangan, saya kembali menghubungi Skill Academy lalu disarankan supaya menghubungi pihak Tokopedia. Di DM twitter Tokopedia, admin pun menyarankan hal yang sama untuk menunggu selama 7×24 jam dan saya menunggu kembali tanpa ada perkembangan sedikitpun sampai hari ini.

Terakhir kali saya menghubungi Tokepedia, tanggal 9 Juli 2020, pihak Tokopedia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan bukti pelatihan berupa sertifikat saya ke pihak PraKerja. Soal sertifikat Pihak Tokopedia menyatakan sudah menyelesaikan kewajibannya dan sekarang segala sesuatunya adalah tanggung jawab PraKerja.

Pihak PraKerja selama ini mencantumkan nomor telepon pengaduan, namun selalu nihil untuk dihubungi. Jawabannya selalu sambungan telepon penuh, baik di pagi, siang, maupun sore hari. Kontak email berkali-kali pun hanya dibalas oleh BOT dengan kalimat yang sama yaitu antrian sedang penuh dan diminta bersabar.

Kepada pihak-pihak terkait, saya tidak mengerti sebenarnya masalah ada di pihak mana, tetapi saya mengharap penyelesaian sebagai berikut:

Baca:  5 Hari Air Mati di Taman Unimas Kabupaten Sidoarjo Waru

1. Skill Academy: Tolong diulang kembali meneruskan sertifikat pelatihan saya kepada Tokopedia.
2. Tokopedia: Tolong kirim kembali sertifikat pelatihan saya kepada Kartu PraKerja agar diproses kembali oleh team PraKerja.
3. Team Kartu PraKerja: tolong segera update sertifikat saya di dashboard. Saya sudah menunggu selama lebih dari 3 bulan. Dengan tidak munculnya sertifikat saya berarti insentif saya tidak akan pernah cair.

Saya sangat mengharapkan penyelesaian masalah saya dari pihak – pihak terkait yang saya sebutkan di atas mengingat banyak dari teman – teman peserta Prakerja Gelombang ke 1, 2 bahkan mungkin 3 sudah menerima insentif sampai tahap 3 atau mungkin 4.

Kalau keluhan saya ini pun tidak direspon oleh pihak terkait, lalu k emana lagi saya harus mengadu? Terima kasih.

Isnan Huzein Mustafa
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Artikel Insentif PraKerja Gelombang I Tak Kunjung Cair, Masalah ada di Pihak Siapa? ditulis oleh Saki- dan dimuat pertama kali di Media Konsumen.