Layanan IndiHome Tidak Memuaskan Dalam Segala Hal

<pre><pre>Layanan IndiHome Tidak Memuaskan Dalam Segala Hal

Terhormat. Telkom Indonesia,

Awal Juli 2020 kami mendaftar IndiHome melalui penjualan IndiHome, karena tidak ada tiang Telkom di dekat rumah kami. Kami mengusulkan untuk memasang tiang terlebih dahulu, namun hingga pertengahan Juli 2020 masih belum ada kepastian bagaimana cara memasang tiang tersebut.

Karena keadaan pandemi Covid-19 yang membutuhkan WFH dan belajar secara online, kita membutuhkan koneksi internet yang stabil. Akhirnya kami menelepon kembali penjualan untuk memasang IndiHome tanpa tiang. Kebetulan kami memiliki tiang privat yang sudah digunakan oleh 2 orang pelanggan IndiHome (tetangga kita). Adapun jawaban dari penjualan bahwa pihak teknisi belum bisa memasangnya karena masih menunggu tiang. Akhirnya kami putuskan untuk menunggu pemasangan tiang lagi.

Bulan agustus 2020 sales menghubungi kami lagi bahwa ada teknisi setuju pasang wifi tanpa tiang, karena ada tetangga kami yang akan pasang indiHome juga, jadi itu saja.

Pada 19 Agustus 2020 teknisi akan memasang IndiHome di rumah kami. Sejak saya bertugas pada tanggal tersebut saya meminta kepada pihak teknisi untuk memasang IndiHome tetangga saya terlebih dahulu. Setelah selesai pemasangan IndiHome di rumah tetangga saya, pihak teknisi tidak langsung memasang IndiHome di rumah saya dengan alasan ada gangguan di tempat lain dan pihak teknisi merubah jadwal pemasangan IndiHome menjadi 21 Agustus 2020.

Saya akhirnya meluangkan waktu pada tanggal itu untuk menunggu teknisi datang. Sampai sore teknisi belum datang dan saya telpon penjualan via WA untuk menanyakan keberadaan teknisi. Mengapa melalui penjualan? Karena penjualan tidak memberi saya nomor teknisi. Saya bertanya apakah begitu atau tidak. Kemudian penjualan menjawab bahwa teknisi sedang melakukan perbaikan di tempat lain, sedangkan saya meluangkan waktu dari pagi.

Karena hari ini saya keluar dari pekerjaan dan masih belum pasti maka istri saya telpon penjualan untuk memastikan kembali apakah penginstalan masih dilakukan hari ini dan apakah ada nomor antrian untuk penginstalan IndiHome. Penjualan jawab itu penjualan belum bisa dipastikan teknisi bisa melakukan pemasangan pada hari ini, karena penjualan tidak bisa memberi tahu teknisi apakah saya akan memberikan uang rokok atau tidak. Sementara itu, kata penjualan tetangga kami memberikan uang rokok kepada teknisi.

Baca:  Pemblokiran Kartu Kredit Bukopin

Setelah berbagai perdebatan tentang uang rokok, penjualan berikan opsi untukMEMBATALKAN permintaan instalasi dan saya OK karena saya kecewa dengan layanan ini. Tiba-tiba di tengah percakapan penjualan secara sepihak mematikan telepon.

Kemudian sore harinya teknisi datang ke rumah kami untuk melakukan pemasangan IndiHome. Karena saya telah menyetujui pilihan penjualan untuk MEMBATALKAN jadi saya meminta teknisi untuk menghubungi penjualan tsb. Kata teknisi jika saya setuju untuk melakukan instalasi, itu akan tetap dipasang meskipun sudah saya katakan MEMBATALKAN untuk penjualan.

Beberapa menit kemudian saya menyetujui pemasangannya dan teknisi mengatakan bahwa berdasarkan SOP harus ada tiang, dan tidak boleh ada tiang lain termasuk milik saya. Padahal sudah ada 2 di private pole saya pelanggan IndiHome yang menghubungkan kabel IndiHome ke tiang saya.

Pertanyaan saya:

  1. Apakah dari Telkom itu wajib pelanggan memberi teknisi uang rokok agar bisa segeramengikuti?
  2. Apakah Telkom tidak mendidik sopan santun penjualan IndiHomedan men-latihan bagaimana memberikan pelayanan yang baik dengan pelanggan (SOP sebagai penjualan IndiHome)?
  3. Informasi dari teknisi menyebutkan bahwa SOP dari Telkom melarang pemasangan IndiHome menggunakan tiang selain Telkom, padahal ada 2 pelanggan IndiHome yang telah menggunakan tiang kapal pribadi kami?

Saya suruh Telkom Palembang pindahkan kabel IndiHome 2 pelanggan yang menggunakan tiang pribadi saya secepat mungkin dan memasang tiang di area rumah saya ingat banyak pelanggan IndiHome di daerah rumah saya. Itu laporan keluhan dari saya. Mohon segeramengikuti. Terima kasih.

Chandra Irawan, ST
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel IndiHome Service sama sekali tidak memuaskan yang ditulis oleh Chandra Irawan dan dipublikasikan pertama kali di Consumer Media.