Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Main Ping-Pong

<pre><pre>Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Main Ping-Pong

Terhormat. PT. Espay Debit Indonesia Koe (DANA) dan PT. Bank Central Asia Tbk (BCA),

Saya Indra, saya nasabah BCA sekaligus pengguna dan pemilik rekening pedagang (Akun Bisnis DANA) di DANA. Saya mengalami masalah dengan transaksi QRIS saya. Pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 23.27 WIB, saya melakukan transaksi QRIS melalui BCA Seluler Rp 50.000. Transaksi QRIS ini dilakukan dengan pemindaian barcode statis untuk pedagang DANA sebagai pengakuisisi, dan kebetulan barcode QRIS milik toko saya sendiri.

Transaksi dilakukan atas dasar saya sebagai pemilik pedagang mendapat informasi bahwa sejumlah pelanggan toko saya yang tidak bisa memindai barcode QRIS Dana saya. Oleh karena itu atas inisiatif saya sendiri, saya ingin mencoba melakukan transaksi dengan memindai QRIS adalah miliknya sendiri.

Namun saat bertransaksi di BCA Seluler, transaksi sepertitertunda dan pemberitahuan pemeriksaan status muncul. Segera saya melakukan pemeriksaan mutasi, dan saldo saya berkurang. Tetapi saya tidak mendapatkan bukti transaksi (dalam kotak masuk QR) yang menyatakan transaksi berhasil atau gagal. Karena itu, pegangan transaksi saya hanya mutasi rekening.

Keesokan harinya (15/8) sekitar pukul 7.30 WIB, saya menghubungi Halo BCA. Berdasarkan Pelayanan pelanggan yang melayani saya, transaksi QRIS dinyatakan berhasil dan diminta untuk menghubungi DANA sebagai pengakuisisi QRIS. Setelah itu saya menghubungi Dana untuk meminta klarifikasi lewat e-mail.

Setelah melalui proses investigasi yang dilakukan oleh DANA, pada tanggal 24 Agustus saya mendapat tanggapan atas hasil investigasi yang dilakukan oleh DANA. Di email (tangkapan layar Saya lampirkan email dari DANA ke email ini) dikatakan bahwa transaksi saya tidak ditemukan di DANA, dan saya diminta untuk menghubungi BCA untuk mengembalikan saldo rekening saya yang sudah dipotong.

Karena itu saya kemudian mengirim e-mail ke BCA pada 27 Agustus lalu. BCA menjawab bahwa saya harus menghubungi layanan tersebut solusi pedagang mereka. Di hari yang sama saya menghubungi mereka dan mereka tidak merespon masalah saya karena yang bermasalah bukan transaksi dari EDC BCA atau QRIS BCA, kemudian saya dialihkan ke layanan Halo BCA.

Baca:  Instalasi Indihome di Era Pandemi Terbatas Karena Slot ODP Penuh

Di Halo BCA, awalnya saya kaget saat tidak ada transaksi debit Rp 50.000 pada 14 Agustus. Karena saya minta ke BCA pada tanggal 15 Agustus, transaksi tersebut ada di sistem BCA dan dinyatakan berhasil. Pelayanan pelanggan katanya transaksi baru diposting tanggal 15 Agustus, dan saya diminta konfirmasi ulang ke DANA.

Setelah mendapat respon dari BCA, saya kemudian kembali menghubungi DANA melalui e-mail di hari yang sama untuk meminta kejelasan transaksi pada tanggal 15 Agustus. Karena di aplikasinya pedagang DANA, bukan satu kali transaksi dengan nilai nominal Rp50.000 dari BCA pada 15 Agustus.

Pada tanggal 30 Agustus, saya mendapat balasan dan responnya mengecewakan. Saya kembali diminta menghubungi BCA untuk bertanya pengembalian dana saldo saya.

Sudah setengah bulan, masalah dilempar kesana-kemari seperti main pingpong. Jujur saja, saya sudah capek mengurus ini, hanya buang-buang pulsa saja, lama-lama saya juga bisa mengeluarkan pulsa lebih banyak lagi untuk menghubungi mereka saat kehilangan. Saya menduga masalah seperti ini hanya dianggap remeh karena nilai nominalnya yang kecil.

Dalam surat pembaca ini, saya sudah melampirkan beberapa tangkapan layar, itu adalah tangkapan layar mutasi rekening BCA saya yang berisi transaksi yang dimaksud, tangkapan layar riwayat transaksi di aplikasi merchant DANA (DANA Bisnis) yang tidak ada transaksi Rp50.000 pada tanggal 14 Agustus dan 15 Agustus, dan tangkapan layar E-mail terbaru dari BCA dan DANA meminta saya untuk menghubungi BCA kembali.

Saya harap ada kejelasan tentang Rp. 50.000. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Yohanes Indra Krisnadi
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Main Ping-Pong, ditulis Yohanes Indra Krisnadi dan pertama kali dimuat di Consumer Media.