Merasa "tertipu" dengan surat perjanjian yang diberikan oleh Bank BCA

<pre><pre>Tanggapan JD.id atas Pembaca Surat Ferdinal Chandra

Sebelumnya saya berterima kasih kepada Consumer Media karena telah membantu saya dalam menyelesaikan beberapa masalah saya dengan bank. Hari ini saya ingin mengadukan keras-keras terhadap Bank BCA yang sampai saat ini belum menonaktifkannya debet otomatis akun saya. Dimana sebelumnya sudah ada kesepakatan antara saya dengan bank BCA per tanggal 9 Januari 2020, bahwa saya diberikan keringanan berupa cicilan Rp 710.000 selama 37 bulan oleh pihak tersebut. agen mereka, PT PANCA INSAN SELARAS. Kemana saya akan membayar cicilan di akhir bulan sampai lunas. Sebelum setuju, saya juga meminta mereka untuk mengusulkan untuk menonaktifkan debet otomatis akun saya.

Setahun sudah berjalan dan saya masih aktif membayar, Bank BCA terus mendebit rekening saya. Tidak peduli ada saldo apa pun, itu sangat mudah debet otomatis tanpa ampun. Pada tanggal 8 Oktober 2020 hal yang sama saya keluhkan kepada BCA melalui Consumer Media. Tapi yang menghubungiku adalah pestanya agen siapa bilang meski saya sudah sepakat, bank BCA tetap berhak debet otomatis akun saya. Disini sebenarnya saya tidak mau pusing, saya coba terima, tapi lama kelamaan saya pikir. Kenapa ada kesepakatan jika pada akhirnya akun saya adadebet otomatis terlalu?

Padahal, jika saya membaca aturan dari Bank Indonesia, "Bank tidak boleh mendebet (mengambil uang) dari rekening nasabah tanpa persetujuan nasabah. Oleh karena itu, jika nasabah merasa dirugikan , dia dapat membawa bank yang bersangkutan ke pengadilan ”.

Mungkin bagi yang punya kartu kredit tidak tahu atau malas membaca beberapa aturan atau pasal yang berlaku di dalam bank itu sendiri. Saat kami menandatangani kartu kredit, tertulis di Pasal 13 (BANK BCA) yang mengatakan bahwa mereka berhak melakukannya debet otomatis kepada pelanggan yang terjebak atau ada tunggakan. Namun hal ini harus terjadi jika bank yang bersangkutan dan nasabah belum memiliki perjanjian pembayaran.

Baca:  Dev. A Way Out Janji Berikan $1000 Bagi Siapapun yang Merasa Bosan Memainkan Game Barunya

Disini saya sudah ada perjanjian pembayaran dan bayar tiap bulan sesuai komitmen, tapi kenapa saya masih adadebet otomatis? Lalu kenapa saya punya kesepakatan? Total uang saya yang selama inidebet otomatis Rp. 996.742, itu tidak sebesar hutang saya di bank BCA. Tapi disini saya punya itikad baik untuk menyelesaikan dan sudah memiliki surat perjanjian. Satu-satunya permintaan saya adalah menonaktifkan debet otomatis.

Terima kasih.

Lusiani
Tangerang, Banten

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel yang dirasa “tertipu” dengan surat perjanjian yang diberikan oleh Bank BCA ini ditulis oleh Lusiani Lusiani dan pertama kali dimuat di Consumer Media.