Praktek Manipulasi Ongkos Kirim Sameday Courier oleh Shopee dan Ditagih ke Penjual

<pre><pre>Praktek Manipulasi Ongkos Kirim Sameday Courier oleh Shopee dan Ditagih ke Penjual

Saya adalah penjual di Shopee sejak 5 tahun yang lalu. Pada tanggal 18 Maret 2021, toko saya menerima pesanan dengan nomor pesanan 210318PCP4NND2 menggunakan kurir Grab Sameday. Transaksi selesai pada tanggal 20 Maret 2021. Saya kaget melihat detail penghasilan saya dalam transaksi tersebut sudah dipotong dari ongkos kirim sebesar Rp. 8400 sedangkan biasanya biaya pengiriman ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.

Di hari yang sama, 20 Maret 2021, saya melaporkan masalah ini ke CS Shopee dan mendapat tanggapan jika dana akan dibayarkan ke saldo penjual dalam waktu perkiraan 2-3 hari ke depan. Namun mereka juga menyatakan bahwa perbedaan biaya pengiriman karena perbedaan alamat toko yang tertera dengan titik penjemputan, dan saya diminta untuk mengatur ulang titik alamat penjemputan agar kejadian seperti ini tidak terjadi. lagi. Saya juga suka diultimatum per 20 Maret 2021, kalau pesanan selanjutnya membuat titik pengiriman dan pengambilan yang sama, maka klaim dana ongkos kirim tidak bisa dibayarkan jika ada selisih.

Aneh, toko saya selama 5 tahun sudah menggunakan alamat dan titik penjemputan tanpa ada masalah karena sudah benar. Apa untungnya bagi saya untuk mengubah titik penjemputan sementara biaya pengiriman ditanggung sepenuhnya oleh pembeli? Logikanya, pembelinya bisa dari mana saja, bisa jauh atau dekat dari titik lokasi toko saya. Keuntungan apa yang didapat penjual dengan mengubah / menggeser titik penjemputan? Faktanya, kurir / supir tersebut kesulitan mencari alamat saya, bukan? Kecuali dari buyer yang bisa mengganti / menggeser titik sehingga ongkos kirim bisa lebih murah. Shopee juga dapat memeriksa sistem apakah saya telah mengubah titik penjemputan dalam 5 tahun terakhir?

Perlu diketahui, setiap hari saya memiliki sales order menggunakan kurir yang sama / instan tapi tidak ada masalah sama sekali. Mengapa hanya 1 pesanan ini saja yang bermasalah dan Shopee langsung menuduh saya mengganti / menggeser titik penjemputan?

Baca:  Saldo Gopay Hilang, Gojek Tidak Bertanggung Jawab

Beberapa kali saya mengalami kendala di Shopee, CS lewat e-mail selalu bermasalah dan terkesan sembarangan bagi penjual seolah tidak dibekali ilmu yang memadai. Sistem Shopee terkendala kenapa penjual selalu dirugikan dengan menuduh penjual tanpa dasar apapun. Sekadar informasi, saya pernah mengalami 2 masalah dengan CS Shopee melalui e-mail hingga saya harus memuat surat di Consumer Media sebelum masalah tersebut dapat teratasi. Apa yang dimaksud Shopee dengan menyatakan bahwa per tanggal 20 Maret 2021 jika terjadi kasus seperti ini tidak akan ada pengembalian selisih ongkos kirim? Seperti sudah ada rencana untuk melakukan pemerasan sesuka hati.

Hati-hati untuk penjual di Shopee, saya sarankan setiap transaksi penjualan yang selesai Anda harus memeriksa saldo pendapatan Anda dengan cermat.

Yuliana Husin
Jakarta Barat

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel tentang Praktik Memanipulasi Pengiriman Kurir Sameday oleh Shopee dan Ditagih ke Penjual ditulis oleh Yuliana dan dipublikasikan pertama kali di Consumer Media.