Seller Tidak Mengirimkan Kekurangan Barang, Shopee Lepas Tangan.

Seller Tidak Mengirimkan Kekurangan Barang, Shopee Lepas Tangan.

Saya adalah Platinum Member Shopee Loyalti yang melakukan pembelian 2 barang di Shopee tanggal 3 Desember 2020 di merchant 99KOutlet dengan nomor pesanan :201203KB6QQ1x6. Rincian  barang sbb: 1) Polka Midi Dress dan 2) Back Long Jumpsuit.

Barang dikirim seller per tanggal 4 Desember 2020, namun ternyata setelah dicek barang tersebut terlalu kecil sehingga saya melakukan proses retur pada tanggal 5 Desember 2020 melalui kurir Antaraja dengan layanan Same Day Service (yang mana barang tersebut telah diterima di tangan seller Shopee pada hari dan tanggal yang sama.

Sehari setelah Polka Midi Dress saya  terima saya mengajukan garansi tambahan 3 hari sesuai ketentuan agar proses retur dapat saya terima dengan harapan agar transaksi saya terlindungi oleh pihak Shopee. Sebelum masa garansi tsbt habis saya mengajukan pengembalian dana.

Namun setelah mengajukan diskusi dengan pihak penjual  via chat mereka minta saya membatalkan pengajuan pembatalan tersebut. Setelah saya batalkan ternyata pihak 99KOutlet, belum megirimkan kembali produk returan saya yang sebelumnya sudah mereka terima. Dengan ini berarti saya hanya menerima 1 barang dan 2 barang yang saya beli di Shopee.

Tiap hari saya tanyakan perkembangan melalui pihak penjual/ seller yang menjanjikan kepada saya  untuk mengirimkan barang kekurangan tersebut namun hingga 18 Desember 2020 belum dikirim dikirim juga, walau seller masih berada di 1 kota dengan saya pembeli area JABODETABEK.

Hingga akhirnya saya menghubungi CS Shopee untuk membantu dengan kendala saya namun jawaban CS Shopee hanya  menyarankan di masa depan untuk tidak membatalkan pengajuan pengembalian dana tanpa memberikan solusi.

Respon pihak Shopee

Di sini saya sebagai customer Shopee apalagi Platinum member yang katanya mendapatkan prioritas merasa dirugikan dan disepelekan dengan tidak diberikan perlindungan konsumen. Hal ini tentu berbeda dengan marketplace hijau sebelah yang walaupun garansi masa pengembalian sudah habis namun bila terbukti ada kecurangan seller dalam hal ini tidak mengirimkan kekurangan barang atau tidak mengirimkan barang retur, mereka masih dapat menahan dana penjual.

Baca:  Aturan XL Tidak Adil!

Setelah melihat berbagai review toko 99KOutlet, banyak customer shopee juga mengalami kejadian serupa dengan melihat banyaknya rating bintang 1 yang diberikan kepada toko. Saya masih berharap ada kejelasan pihak Shopee mengenai pengembalian dana saya atas tidak dikirimkannya barang oleh merchant mereka di Shopee.

Sangat sulit bagi saya untuk kembali percaya kepada Shopee bila kejadian ini tidak diberikan solusi dan terkesan ya sudahlah. Seharusnya perusahaan sebesar Shopee dapat menangani customer handling dengan lebih baik demi terjaga nama baik perusahaan di mata customers, karena dengan trust customers lah sebuah industri dapat berkembang dengan baik.

Anna Puri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Artikel Seller Tidak Mengirimkan Kekurangan Barang, Shopee Lepas Tangan. ditulis oleh Afriana Dyah dan dimuat pertama kali di Media Konsumen.