Shopee Tidak Adil dan Tidak Konsisten terkait Kompensasi untuk Korban Penipuan

<pre><pre>Shopee Tidak Adil dan Tidak Konsisten terkait Kompensasi untuk Korban Penipuan

Saya tahu bahwa kasus penipuan yang menimpa saya bukanlah kasus yang pertama. Saya juga sadar bahwa kejadian ini tidak lepas dari kelalaian saya (pelajaran berharga bagi saya). Namun kejadian ini juga tidak lepas dari Shopee. Mengapa? Andai saja Shopee serius menangani kasus penipuan ini dan memperkuat sistem keamanannya, kejadian ini tidak akan terjadi pada saya dan para korban setelah saya.

Dalam seminggu sudah banyak keluhan baru, yang bisa saya lihat di Consumer Media dan komentar di Youtube https://youtu.be/rRmbmTusnao. Apa artinya? Artinya Shopee tidak serius dalam menangani masalah ini, Shopee tidak serius dalam menjaga keselamatan penggunanya.

Saya tidak akan menceritakan kronologisnya, karena modenya sama persis dengan korban sebelum saya. Saya menderita kerugian ShopeePay sebesar Rp1,3 juta dan pinjaman sebesar Rp56 juta.

Awalnya, setelah menggali informasi dari berbagai sumber dan kontak langsung dengan korban lain, saya memutuskan akan membayar separuh tagihan. Alasan saya adalah karena itu bukan sepenuhnya salah saya dan juga karena saya mendengar bahwa Shopee mengajukan penawaran voucher dengan nominal rata-rata 50% dari total kerugian (saya dapat infonya langsung dari korban yang mendapatkannya voucher tsb dan dari komentar di Youtube).

Saya pikir dengan Shopee memberikan voucher 50%, itu berarti Shopee ikut bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun nyatanya, setelah melaporkan kasus ini, Shopee hanya menawarkan voucher Rp 630 ribu, atau 9% dari Rp 6,9 juta.

Tentu saya tidak terima. Saya mencoba menghubungi Shopee melalui email, dengan sabar menunggu balasan. Saya ingin tahu alasan kenapa hanya 9%? Atas dasar apa? Tapi sungguh mengecewakan, setelah ditelepon Shopee, jawabannya tidak jelas dan hanya itu. "Maaf kak, ini sudah menjadi aturan Shopee". Itu satu-satunya kalimat yang keluar dari mulut CS. Aku langsung berubah pikiran, ternyata Shopee lepas tangan.

Baca:  Proses Pencairan Dana Banpres (BPUM) melalui Bank BRI Lama

Saya akan memposting ketidakkonsistenan Shopee terkait waktu penawaran voucher sebelum dan sesudah saya menolak voucher-di komplain saya selanjutnya, jika Shopee masih belum merespon postingan ini. Ada bakwan di belakang voucher🤨.

Saya masih menunggu niat baik Shopee. Saya akan bertanggung jawab jika Shopee juga melakukannya. Karena kesalahannya bukan hanya pada saya.

Terima kasih.

Rahmi Annisa
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Shopee yang Tidak Adil dan Tidak Konsisten terkait Kompensasi Korban Penipuan ditulis oleh Rahmi Annisa dan dipublikasikan pertama kali di Consumer Media.