Sistem Shopee Berbahaya bagi Penjual

<pre><pre>Sistem Shopee Berbahaya bagi Penjual

Nama saya Joko Briyandewo. Saya memiliki toko Gadget Kerajinan Kayu nama pengguna: gawai_woodcraft di Shopee. Toko saya belum penjual bintang, karena saya relatif baru mengenal Shopee dan penjualan masih rendah.

Pukul 11.11 kemarin saya ikut program Shopee, karena saya juga mendaftarkan toko saya gratis pengiriman Shopee. Saya juga mengiklankan produk saya pada 11.11 dan dibuat voucher diskon toko kemarin. Alhamdulillah saya dapat pesanan saya saat itu. Ada pembeli yang bertanya kepada saya tentang barang gratis pengiriman dan saya jawab ya, karena saya mendaftar gratis pengiriman Shopee.

Tapi setelahnya pesanan penutupan dan pengiriman pesanan saya kaget, pada ongkos kirim (-Rp513.000) sedangkan total harga produk saya hanya Rp 150.000. Saya hanya berpikir positif, mungkin itu strategi Shopee. Namun ternyata itu adalah ongkos kirim sebesar Rp513.000 yang dibebankan sepenuhnya kepada penjual, dan 11.11 transaksi program Shopee semuanya seperti itu. Ada lebih dari 3 transaksi pengirimanitu melebihi harga produk saya, dan semua ongkos kirim dibebankan kepada saya, sebagai penjual.

Yang mengejutkan saya, perusahaan sebesar Shopee tidak dapat membuat sistem yang aman baik untuk penjual maupun pembeli, dan itu terjadi pada kasus saya. Semoga kedepannya Shopee semakin membaik, agar hal seperti yang saya alami tidak terulang lagi. Carilah itu programmer dapat diandalkan, sehingga celah dalam kegagalan sistem, terutama untuk penjual, dapat ditutup. Yang akan membuat kita sebagai penjual merasa aman berjualan di Shopee.

Karena kasus saya, saldo penjualan adalah (-). Bagaimana kita bisa jual untuk untung, malah malah rugi. Saya sudah mengajukan komplain ke Shopee, tapi belum ada respon. Untuk itu saya tulis di Consumer Media ini dengan harapan Shopee mau menanggapi keluhan saya. Semoga Shopee bisa segera menindaklanjutinya, karena hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan kita kepada Shopee.

Baca:  Borderlands 3 Gratiskan Upgrade Bagi Player Konsol, Catat Tanggalnya!

Kasus saya juga terjadi pada promo 11.11 tahun 2019, dengan judul "Saldo Penjual di Shopee Minus" yang ditulis oleh Bapak Tommy Hidayat, Bandung, Jawa Barat. Diterbitkan di Consumer Media. Kepada Consumer Media untuk mempublikasikan artikel saya. Terima kasih.

Joko Briyandewo
Bantul, Yogyakarta

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Shopee System Harms the Seller ditulis oleh G Joko dan pertama kali dipublikasikan di Consumer Media.