Tim Penyelesaian Masalah Tokopedia Tidak Memerlukan Video Unboxing untuk Mengatasi Masalah

Screenshot Parsial

Sebelumnya, terima kasih kepada Consumer Media yang selalu memediasi setiap masalah kami. Surat berikut ditujukan kepada Tim Tokopedia yang diwakili oleh Cahya. Saya akan berbicara tentang hal-hal secara umum sekali.

Saya seorang penjual online di Tokopedia, dengan nama toko: Toko Terkaya. Keluhan pembeli masuk pada 29 Januari 2021. Hari ini Cahya dengan santai menyelesaikan solusinya dengan mengembalikan barang dan mengembalikan dana kepada pembeli. Di awal diskusi, Cahya sudah meminta video membuka kemasan (Saya pikir semua penjual online di seluruh dunia setuju harus ada video unboxing yang jelas untuk keluhan) kepada pembeli. Pembeli hanya video yang sudah membuka paket. Cahya menganggapnya baik-baik saja.

Screenshot Parsial
Tangkapan layar sebagian

Pertimbangan penjual kami adalah:

  1. Jumlah item sesuai.
  2. Barang sesuai dengan yang kami jual. Jika ekspektasi pembeli berbeda, itu bukan kesalahan penjual. Misalnya, pembeli telah membeli dengan orang lain, produk tambahan ini seperti stiker, pembungkus khusus, pinggiran, pemanis, kecantikan, atau aksesori lainnya, periode apa yang harus diikuti oleh penjual lain?
  3. 156 pesanan sebelumnya memberikan peringkat produk rata-rata 4,9 dari 5 bintang, tetapi pembeli ini ingin kembali karena itu bukan yang dia inginkan.
  4. Ini tentang prosedur wajib bagi pembeli yang mau komplain, menurut kami penjual online di seluruh dunia pasti punya video membuka kemasan bagaimanapun, itu menentukan penjual yang salah atau pembeli yang berbohong.
  5. Ada penjual yang tidak menerima retur, misalnya barang konsumsi bekas bisa habis atau isinya bisa ditukar tanpa terlihat dari luar.
  6. Saat terjadi pandemi, lokasi pembeli membuka paket belum tentu bebas dari virus.

Jika Tokopedia tidak lagi membutuhkan video membuka kemasan jadi kebanyakan penjual akan rugi karena kehilangan solusinya. Contoh kerugian paket yang penyok / rusak karena pengiriman 2 arah, apakah dapat dijual kembali atau tidak, kehilangan waktu, kehilangan perputaran modal yang terlibat dalam solusi berkepanjangan, kerugian total jika produk ditukar, dll.

Baca:  Menyelesaikan Pelatihan Pra-Kerja tetapi Sertifikat Tidak Muncul di Dasbor

Terima kasih kepada Consumer Media jika surat ini diterbitkan, agar perekonomian kita semakin membaik dan tim solusi Tokopedia serius mempertimbangkan, tidak mengeluarkan solusi tanpa berdiskusi dengan seniornya.

Sukardi
Jakarta Utara

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Tim Penyelesaian Tokopedia Tidak Membutuhkan Video Unboxing untuk Memecahkan Masalah ditulis oleh daywon dan dipublikasikan untuk pertama kalinya di Consumer Media.