Tokopedia Melindungi Penjual Nakal

<pre><pre>Tokopedia Melindungi Penjual Nakal

Sebelumnya saya sampaikan kepada MEDIAKONSUMEN dan pembaca.

Artikel ini saya tulis agar calon pembeli atau pembeli lebih berhati-hati saat berbelanja di TOKOPEDIA, kejadian ini tidak hanya sekali atau dua kali saja, tapi sudah sering saya alami, dan baru-baru ini ada 2 invoice.

Pertama, Invoice INV / 20201107 / XX / XI / 669844155 masuk ke pusat pengaduan pelanggan pada 11 Nov 2020, barang kami sudah dikembalikan dan sudah diterima oleh penjual. Tapi penjual mengirim barang yang sama dan tidak berfungsi jadi saya imbauan bisa membeli barang yang bisa (karena saya membeli produk paket yang terdiri dari beberapa barang) tetapi penjual tidak merespon. Dan deadline saya (diberikan 2 × 24 jam) dan seller tanpa batas waktu sampai akhirnya pada tanggal 26 (11-26 November) tiba-tiba pusat resolusi tutup dan saldo diserahkan ke semua seller). Padahal saya menunggu konfirmasi penjual dan penjual sudah lama tidak merespon, tidak ada batasan, sedangkan saya dibatasi 2 × 24 jam dan itu tidak terduga karena penjual sudah berminggu-minggu tidak merespon .

Ok cuma rejeki kecil saja, pikir saya dan baru coba komplain soal ongkos kirim beli produk baru karena sudah saya kirim barangnya, dari tanggal 26 November sampai detik ini klaim pengiriman saya belum terselesaikan dan terakhir Saya menghubungi Toped melalui Facebook pada tanggal 23 Desember, hanya dijawab

“Kami menunggu penyelesaian berkas klaim sesuai dengan batas waktu maksimal 2 hari kerja terhitung sejak Pesan Bantuan ini dikirim atau hingga 28 Desember 2020 pukul 06.31 WIB. Jika melebihi batas waktu tersebut maka mohon maaf. kami tidak dapat membantu masalah lebih lanjut. "

Dan minta data KTP, struk dsb. Padahal pusat pengaduan sudah ada tapi minta lebih. OK hari itu saya kirim sesuai arahan dan menunggu tanggal yang ditentukan, max. 2 hari atau 28 Desember 2020.

Dan pada tanggal 5 saya menelepon kembali untuk menanyakan bagaimana kelanjutannya, bahkan jawaban yang saya dapatkan adalah

“Menanggapi pernyataan Bapak, Saudara meminta agar bingkisan berupa kwitansi retur sudah termasuk nominal ongkos kirim. Kami tunggu penyampaiannya maksimal 1 hari kerja ke depan yang akan berakhir sampai dengan 6 Januari 2021. jam 09.30 WIB. Jika sampai waktu yang ditentukan belum ada lampiran, maka mohon maaf. Kami tidak bisa bantu lanjutkan. Terima kasih "

Diminta dikirim lagi, ingin tertawa takut dosa dan sampai sekarang 10 Januari 2021 belum juga menyusul.

Baca:  Tokopedia tampak berbelit-belit dan mempersulit proses pengembalian dana

Faktur kedua INV / 20210104 / XXI / I / 717485267 Saya membeli HP 2nd dan ada yang dikirim tidak sesuai deskripsi juga ada yang kurang acc tidak acc hp. Saya sudah video kan awal unboxing dan ada kejanggalan (karena saya udah ngobrol sama seller, ada yang aneh dan saya kirim pesan ke pusat keluhan).

Disana komplain saya ditolak dan saya disuruh mengirimkan bukti berupa gambar detail (sebelumnya saya kirimkan dan saya jelaskan bahwa SAMSUNG A70 adalah USB charger C to C atau cek Google atau bisa juga melihat waktu unboxing atau bukti Saya mengirim) dan saya diberi waktu 2 hari untuk mengirim bukti. Hari itu barang bukti kami kirim dan penjual yang ditanya juga diberi kesempatan menjawab tidak ada tanggapan (alih-alih ribet saya tanya cs “kalau saya diberi waktu 2 hari untuk upload data kenapa penjual tidak terbatas” mereka tidak menjawab saja dijawab seperti ini

“Kami memahami keresahan yang Anda alami saat ini. Terkait permasalahan tersebut mohon ditunggu karena sebelumnya Anda telah dibantu untuk melaporkannya kepada Team Tokopedia Care kami di Resolution Center untuk solusi selanjutnya. "

Saya tidak diam. Saya meminta kepastian dan menanyakan hal yang sama tetapi tidak ada kepastian. Setelah kurang lebih 3 jam admin pengaduan menolak dengan alasan lucu untuk mengirimkan bukti detail karena saya tidak dapat menemukan bukti .. Disana saya otomatis menjawab dengan CAPSLOCK. “Kamu bisa membaca dan melihat. Bahkan anak-anak TK tahu bahwa USB tipe C lubangnya kecil dan USB tipe B lubangnya berbeda dan di gambar jelas kenapa saya masih minta bukti lebih lanjut. dan akhirnya saya bikin video dan saya minta cek google lagi termasuk linknya.

Dan lagi TOKOPEDIA SELLER barang yang di jual ASLI / PALSU / OEM atau apapun dan selalu mengulur waktu sehingga kita lengah dan langsung tutup seperti kejadian di nomor 1.

Tokopedia tidak dapat dipercaya, tidak tegas dan konsisten dengan aturan sistem yang dibuatnya sendiri.

Meskipun komisi dari pedagang listrik adalah 1℅, pengiriman gratis komisi adalah 2,5℅ per produk dan belum lagi iklan topads !! Anda benar-benar mencekik penjual, jangan melangkah terlalu jauh !!!!!

Rudy Pradana
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Tokopedia Melindungi Penjual Nakal ditulis oleh Rudy dan diterbitkan pertama kali di Consumer Media.