Tokopedia Menunda Pengembalian Dana

<pre><pre>Tanggapan JD.id atas Pembaca Surat Ferdinal Chandra

Saya melakukan pembelian di Tokopedia tanggal 8 Desember 2020, barangnya juga dikirim tanggal 8 Desember 2020 oleh seller. Jumlah faktur pembelian saya: INV / 20201208 / XX / XII / 694159625 dan nomor resi pembelian saya: 10000678447295, dikirim oleh ekspedisi Anteraja. Tapi pada 9 Desember 2020 paket saya singgah di hub Jakarta Timur (bahkan sekarang statusnya masih sama).

Saya melaporkan pusat resolusi dan butuh waktu sangat lama untuk menanganinya. Singkat cerita, Anteraja tidak mau mengakui bahwa barang-barang saya hilang dan di tengah penyelesaian saya pada dasarnya menyuruh saya untuk menunggu, menunggu dan menunggu. Akhirnya, mereka memberikan solusi kepada penjual bahwa dana akan diteruskan, dan dananya kepada sayapengembalian dana.

Namun, anehnya bagi penjualnya waktu sebenarnya, sementara untuk pelanggan harus menunggu, menunggu, dan menunggu. 14 hari kerja katanya. Saya selalu bertanya, apa alasannya pelanggan harus 14 hari kerja? Sementara itu, pusat resolusi ditutup. Kepada siapa saya harus bertanya tentang ini? Padahal mereka hanya cuek saja, ditanya alasan kenapa 14 hari kerja selalu disuruh menunggu.

Saya baru menyadari bahwa pembelian di Tokopedia sangat dirugikan ketika ada masalah pelanggan. Silahkan ke Tokopedia yang bikin pasar Ini adalah pembeli besar, tetapi pembeli tidak merasakan bantuan yang maksimal ketika ada masalah.

Untuk barang hilang seperti ini, penyelesaiannya lebih dari sebulan. Meskipun saya membeli toko resmi menggunakan asuransi Tokopedia. Lalu apa fungsi asuransi Tokopedia bila terjadi hal seperti ini? Konsumen tidak terbantu untuk segera mengembalikan uang pembeli. Belum lagi kerugian yang harus ditanggung pembeli. Saya yakin Tokopedia tidak peduli. Sangat kecewa dan menyesali ini.

Info tambahan juga sobat yang mengalami masalah seperti ini, pembelian tanggal 12 Desember 2020 sudahpengembalian dana mulai 1 Januari 2021. Bedanya saya tidak menulis surat pembaca dan teman saya menulis surat pembaca. Saya tidak mengerti kenapa Tokopedia bisa membedakan pelanggan.

Semoga dengan diterbitkannya surat pembaca ini, Tokopedia tidak akan menahan diri pengembalian dana kepada pembeli. Terima kasih.

Lanny Harjani
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini dibuat oleh pengguna dan merupakan tanggung jawab penulis.

Artikel Tokopedia Delaying Refunds ditulis oleh Lanny dan pertama kali dipublikasikan di Consumer Media.

Baca:  Korban Penipuan, Saldo ShopeePay Hilang 2,4 Juta Rupiah