XL Center Bekasi Mengecewakan!

<pre><pre>Tanggapan JD.id atas Pembaca Surat Ferdinal Chandra

Saya Alexander, pelanggan XL Prabayar dengan nomor kartu 087896696301. Pada tanggal 22 September 2020 saya mendatangi XL Center Bekasi di Ruko Bekasi Mas Jl. Jenderal Ahmad Yani Bekasi, untuk melakukan pergantian kartu XL saya yang hilang berikut handphone saya, yang di dalamnya terdapat kartu XL yang hilang tersebut.

Saya mengikuti antrian lebih dari 1 jam dan akhirnya diterima CS dengan nama Li** Salsa****. Saya menyampaikan maksud saya ke CS tersebut yaitu untuk penggantian kartu hilang. Data lengkap termasuk surat kehilangan dari kepolisian sudah saya sampaikan juga. CS tersebut meminta saya menyebutkan 3 nomor yang pernah dihubungi. Terus terang saya tidak bisa mengingat semua nomor tersebut karena kartu tersebut hilang beserta handphone saya.

CS tersebut melayani saya sambil menghitung uang dan tidak fokus dengan permasalahan saya, sampai akhirnya CS tersebut mengatakan tidak bisa bantu untuk ganti kartu karena validasi untuk nomor yang pernah dihubungi tidak bisa. Saya pun mengalah dan pulang.

Pada esok harinya saya kembali datang dan kebetulan kembali diterima oleh CS yang sama, kali ini dia validasi ulang dan meminta kembali data nomor telepon yang pernah saya hubungi. Saya pun memberikannya. Saya menyertakan lebih dari 20 nomor yang pernah saya hubungi, hasil usaha saya mencari di drive dan email saya. Kali ini CS tersebut kembali mengatakan tidak bisa validasi kontak yang pernah dihubungi karena kurang 1 nomor lagi.

Saya mulai kecewa dan meminta solusi, tapi dengan judes dia mengatakan tidak ada solusi. Ini jelas melanggar UU karena hak saya sebagai konsumen diabaikan dan dipermainkan oleh CS tidak beretika tersebut.

Pada hari Sabtu, 26 September 2020 saya kembali datang ke XL Center Bekasi dengan membawa data tambahan yaitu nomor yang pernah saya hubungi ( > 50 nomor saya sertakan ). Kali ini saya dilayani oleh CS bernama Agus***** Gu**. Setelah beberapa saat CS tersebut, seperti CS sebelumnya, meminta saya menyebutkan 3 nomor yang pernah dihubungi dan saya pun memberikannya, lebih dari 50 nomor saya sertakan. Sama seperti CS sebelumnya dia pun menjawab tidak cocok nomor yang saya berikan tersebut.

Dia mencoba membantu saya validasi dengan menanyakan saya kapan isi ulang terakhir. Saya pun menjawab tanggal 21 September 2020, tanggal yang sama dengan hilangnya hp say,a hanya berbeda jam. Dia berkata bahwa bukan itu tanggal terakhir saya isi pulsa, tidak boleh sama dengan tanggal hilang hpkartu saya. Aneh dan tidak masuk akal, karena yang saya sampaikan sesuai fakta yang saya alami dan sesuai juga dengan surat kehilangan dari kepolisian.

Baca:  Sudah Jauh-jauh Pergi, Plasa Telkom Tutup Lebih Awal Tidak Sesuai dengan Informasi Call Center 147

Kemudian dia menanyakan perihal lain yaitu kapan terakhir saya isi paket data (saya jarang isi paket data). Saya menjawab lupa kapan pengisian terakhir paket data dan hebatnya dia mengatakan jika saya lupa kapan isi paket data terakhir saya disuruh menanyakan ke counter tempat saya biasa isi data atau isi pulsa (wow betul-betul luar biasa ).

Akhirnya setelah putar sana putar sini, dia pun mengatakan dia bisa bantu aktifkan kembali nomor saya yang hilang tersebut dengan carasolusi yang sudah saya duga sebelumnya, yaitu MIGRASI ke pasca bayar dengan deposit Rp150 ribu.

Saya sangat kecewa dan mengeluhkan sekali akan buruknya kualitas pelayanan XL Center Bekasi. Akhirnya dengan sangat kecewa saya meninggalkan tempat tersebut, Ketika saya di luar sempat bertemu konsumen lain yang mengalami masalah yang sama dengan saya dan sama juga dengan saya diarahkan untuk migrasi kartu ke pasca bayar.

  1. Apakah yang bertugas melayani customer di XL Center Bekasi itu CS atau marketing pasca bayar?
  2. Mohon tindak tegas CS Li** Salsa**** karena sudah mengabaikan hak saya sebagai konsumen dan mempermainkan saya.
  3. Mohon kepada pihak XL untuk lebih tegas dan selektif dalam mempekerjakan customer service agar kepuasan pelanggan dan kenyamanan pelanggan terpenuhi, dengan pemberian solusi yang tepat untuk konsumen, bukan migrasi ke pasca bayar.

Mohon dengan sangat perhatian dari pihak XL untuk masalah ini, jangan kecewakan pelanggan anda. Berapa banyak biaya dan waktu yang saya habiskan bolak balik ke XL Center Bekasi tanpa ada solusi, pasti hanya diarahkan migrasi ke pasca bayar.

Terima kasih.

Alexander
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Artikel XL Center Bekasi Mengecewakan! ditulis oleh Alexander dan dimuat pertama kali di Media Konsumen.